Posted by : Unknown February 20, 2014


Anime : Naruto

Naruto Uzumaki (うずまきナルト,Uzumaki Naruto) adalah titel anime dan karakter utama protagonis dalam anime seri Naruto. Menurut cerita, Naruto adalah seorang ninja dari desa Konoha (Konohagakure) sebuah desa fiktif yang konon tersembunyi di antara rimbunnya dedaunan hutan. Sejak kecil ia ditinggal oleh kedua orang tuanya, sehingga ia tidak pernah merasakan bagaimana kasih sayang orang tua kepada anaknya. Dengan dukungan dari teman-teman dan guru-gurunya, Naruto tumbuh menjadi pemuda yang ceria, optimis, dan pemberani. Dalam beberapa kesempatan, Naruto sering menyebutkan bahwa ia bercita-cita menjadi seorang Hokage (gelar untuk pemimpin desa Konoha).

Secara fisik, Naruto memiliki kemiripan yang mencolok terhadap ayahnya, memiliki mata biru, rambut pirang berwarna kuning dan runcing. Dari ibunya, Naruto mewarisi bentuk mata dan wajahnya. Di pipinya ada semacam guratan yang mirip seperti kumis milik karakter Doraemon dalam anime Doraemon. Ia sering terlihat memakai jaket dan celana panjang berwarna jingga. Di dahinya ada ikat kepala berwarna biru dengan lambang desa kelahirannya.

Naruto adalah anak dari Hokage ke-empat, Minato Namikaze dan Kushina Uzumaki. Orang tuanya menamainya berdasarkan karakter utama buku pertama Jiraiya, Sannin yang juga menjadi walinya.
Beberapa saat setelah kelahiran Naruto, monster yang berbentuk rubah berekor sembilan, Kyubi, meneror desa Konoha. Minato Namikaze (ayah Naruto) yang bergelar Hokage ke-4 yang saat itu memimpin desa Konoha, mengurung dan menyegel si Rubah Ekor Sembilan ke dalam tubuh Naruto yang saat itu masih bayi. Namun, chakra Kurama (nama monster Kyubi) terlalu besar untuk menahannya dalam segel, memaksa Minato untuk melemahkan sang monster  terlebih dahulu, membelah chakra Yin dan Yang-nya, menyegelnya ke tubuhnya dan kemudian ke tubuh anaknya, Naruto. Upaya yang besar ini membuatnya mengorbankan jiwanya serta Kushina menerima pukulan yang fatal dari sang monster rubah. Pada saat itu, Naruto menjadi seorang anak yatim piatu, dan dibiarkan tumbuh tanpa mengetahui apa-apa dari orang tuanya. Naruto menerima nama belakang ibunya, Uzumaki, karena Hiruzen Sarutobi, Hokage Ketiga, percaya itu adalah terbaik yang tak seorang pun tahu bahwa ia terkait dengan Hokage Keempat.
Meskipun permintaan terakhir Minato untuk Hiruzen, berharap Naruto akan dipandang sebagai seorang pahlawan, yang terpaksa ditumbalkan untuk mengurung monster itu. Tapi sayangnya hal itu tidak terjadi. Hanya Hokage Ketiga dan beberapa penduduk desa yang menghormati permintaan tersebut. Banyak penduduk Konohagakure beranggapan bahwa Naruto tak lebih dari bocah setan yang mewarisi darah Rubah Ekor Sembilan yang pernah menyerang mereka, bahkan sebagai monster rubah itu sendiri, sehingga mereka membenci dan menjauhinya. Naruto hidup sendiri sejak masih kecil. Dia tumbuh tanpa kasih sayang orang tua dan perhatian orang di sekitarnya. Karena itu, ia berusaha untuk mencari perhatian orang-orang disekitarnya, dengan cara melakukan perbuatan yang tidak baik dan melanggar norma. Karena terus menerus dijauhi, Naruto berjanji untuk mewujudkan mimpinya untuk menjadi Hokage, yaitu gelar untuk pemimpin di desanya. Sebuah mimpi yang sangat sulit untuk diwujudkannya, terutama karena tak ada satu orang pun yang membantu dan mendukungnya untuk mewujudkan mimpinya, sampai ia bertemu dengan Iruka Umino, yang kemudian menjadi guru pembimbingnya. Iruka Umino memiliki masa kecil yang mirip dengan Naruto. Saat ia masih kecil, kedua orang tuanya tewas dalam pertarungan melawan Kyuubi, yang sekarang bersemayam di tubuh Naruto. Hal ini membuat Iruka memahami penderitaan yang dialami Naruto. Iruka adalah orang pertama yang mau mengakui keberadaan Naruto.

Naruto adalah anak yang riang, kurang ajar, lalai, dan kurang perhatian untuk hal-hal yang bersifat formal atau sosial. Dia mewarisi istilah pengucapan "Dattebayo!" (だってばよ!) dari ibunya, yang akan mengatakan "(da)ttebane" ( ()ってばね) saat senang atau frustasi. Naruto memiliki sejumlah sifat kekanak-kanakan, seperti menyimpsn uangnya dalam celengan katak hijau gemuk kesayangannnya yang dia namakan "Gama-chan", takut kepada hantu, dan menjadi sangat pemilih makanan (dia hampir setiap kali makan ramen dan menjadi pelanggan tetap di Ichiraku Ramen). Dia juga agak mesum, dan seringkali ditegur oleh Sakura Haruno dan Iruka, tetapi semakin menjadi-jadi setelah bertemu dengan mentornya Jiraiya, menyebabkan banyak yang mengatakan bahwa Jiraiya merawat dan membesarkan replika sempurna dari dirinya sendiri. Namun, setiap kali seseorang yang dekat kepadanya dalam kesulitan atau dalam situasi yang sedang membutuhkannya, Naruto bisa sangat serius, dan langsung akan mencoba untuk datang membantu mereka.
Menurut Kakashi, Naruto belajar melalui tubuhnya, karena ia adalah relatif naif, sederhana, dan yang lambat untuk memahami prinsip atau situasi, yang sering membutuhkan analogi yang disederhanakan agar dapat memahami apa yang sedang dijelaskan kepadanya. Secara keseluruhan, Naruto dapat merespon dengan baik segala situasi dan memiliki banyak kepercayaan diri, dengan tegas menyatakan bahwa ia akan menguasai teknik apa pun yang dia pelajari dalam waktu yang singkat, meskipun ia tidak ragu-ragu untuk meminta bantuan jika ia membutuhkan itu. Sementara terlihat sebagai karakter yang naif dalam keseluruhan seri, Naruto telah terbukti memiliki mata yang tajam untuk hal-hal tertentu yang kebanyakan orang tidak melihat, menunjukkan bahwa dia bisa lebih pintar dari kebanyakan. Hal ini terlihat ketika Naruto adalah yang pertama menyadari perbedaan dalam buku Sai, kemudian membantu memecahkan pesan Jiraiya yang ditinggalkan Fukasaku di punggungnya dan berhasil membantu memecahkan pesan dalam buku Icha Icha milik Kakashi. Dia adalah juga cukup jeli dalam hal perasaan orang lain (meskipun ia tidak menyadari cinta Hinata kepadanya, sampai Hinata mengaku perasaannya kepadanya) dan mampu melihat kebenaran dari perasaan seseorang, seperti ketika Sakura mengatakan dia mencintainya dan bukan Sasuke lagi, Naruto segera tahu dia berbohong tentang bagaimana perasaannya, setelah menyaksikan tanda-tanda cintanya yang luar biasa dan tak ada bandingannya untuk Sasuke. Naruto juga mengetahui kebohongan Iruka tentang makhluk liar baru di Pulau Penyu dimana mereka berada dengan mengingat Motoi menyatakan bahwa B telah menjinakkan semua binatang di pulau itu.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Anime Profil - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -