Posted by : Unknown March 25, 2014


Anime : Tonari no Kaibutsu-kun

Haru Yoshida (吉田 春, Yoshida Haru) adalah karakter utama pria protagonist dalam anime seri Tonari no Kaibutsu-kun. Dia adalah siswa SMA satu sekolah dan satu kelas dengan karakter utama wanita protagonis, Mizutani Shizuku. Dia diskors dari sekolah sebelum dimulainya manga/anime, tapi masa skors-nya telah berakhir pada saat cerita dimulai.

Yoshida Haru adalah seorang pemuda jangkung dengan rambut hitam berantakan dan keriting yang jatuh di atas wajahnya dan hampir mencapai sebahu dengan mata abu-abu gelap. 
Dia dikenal sebagai 'Preman' sekolah dan awalnya muncul sebagai sosok yang ditakuti, tapi setelah pujian Shizuku tentang bagaimana dia menyukai senyum Haru, ia mulai berusaha untuk sering tersenyum dan mendapatkan popularitas di kalangan para gadis karena hal ini. 
Pakaian yang biasa ia kenakan terdiri dari seragam sekolah; kemeja putih dengan dasi biru, celana abu-abu ketat, dan sepatu kets Converse berwarna putih.

Haru selalu membenci ayahnya , dan meskipun Haru dan saudaranya dulu sangat dekat, namun sekarang Haru membenci Yuuzan.
Ketika mereka masih kecil dan orang tua mereka bercerai, Haru dan Yuuzan pergi untuk tinggal di pedesaan. Hal ini menunjukkan bahwa Haru dan Yuuzan sangat dekat, dan Yuuzan yang sangat bangga terhadap saudaranya. Ketika mereka dipanggil kembali ke kediaman Yoshida, Haru terkejut pada perubahan di sekitarnya, Yuuzan pernah berkata kepadanya, "Aku akan memberikan tempat yang layak untukmu" tapi seiring berjalannya waktu, karena keinginan Yuuzan untuk memenuhi harapan keluarga dan untuk diterima oleh mereka, Yuuzan kemudian timbul perasaan cemburu terhadap Haru dan tumbuh membencinya karena semua perhatian tertuju kepada Haru, alasan mereka dipanggil kembali ke kediaman Yoshida. Ketika Haru menjadi sedih karna Yuuzan menjadi jarang tersenyum dan menghabiskan lebih sedikit waktu dengan dia, nilai-nilainya di sekolah kemudian turun, dan karena masalah tersebut, ia ditendang keluar dari rumahnya, untuk tinggal bersama bibinya Kyoko.
Sementara ia ada di sana, Haru menjadi lebih pemalu, suka memberontak dan menjadi lebih kasar terhadap orang lain. Bibinya sering melihat dia menghancurkan kaca dan hal-hal lain di rumah . Kecerdasannya hanya diakui oleh bibinya, dan bukan dirinya sendiri. Kyoko sering mengatakan banyak hal kepada Haru seperti “Apa yang membuat kita menjadi manusia? Pendidikan, penggunaan Bahasa dan Cinta yang tak terbatas” atau “Manusia menderita jika sendiri, dan obat yang unik hal ini adalah menemukan orang lain.” Ungkapan-ungkapan ini sangat dikenang oleh Haru, tetapi kalimat yang paling ia ingat adalah “Saya berharap bahwa suatu hari nanti kamu akan menemukan orang yang tepat untukmu.” Setelah kematian Kyoko, Haru mulai tinggal dengan Mitsuyoshi.
Juga disebutkan bahwa Haru pergi ke sekolah yang sama dengan Yamaken ketika mereka masih kecil. Haru juga diganggu oleh Yamaken ketika mereka masih kecil dan Yuuzan akan melindungi Haru.
Saat SMA dia duduk di samping Shizuku di tahun pertama mereka. Meskipun Haru tidak ingin ke sekolah setelah dia diskors sampai ia bertemu dengan Shizuku. Ia diskors dari sekolah setelah membela teman seangkatannya yang ditindas oleh kakak kelas mereka. Dia memukul kakak kelasnya hingga harus dilarikan ke rumah sakit dan meninggalkan bekas perkelahian di dinding sekolahnya. 
Dia tidak suka datang ke sekolah karena teman-temannya takut terhadap sikapnya yang terlihat kasar dan tatapan matanya yang menakutkan. Setelah bertemu Shizuku, dia menganggapnya sebagai temannya dan mulai hadir ke sekolah, dan kemudian jatuh cinta kepadanya dan menjadi pasangan. Karena sikapnya yang ceroboh, Haru kadang-kadang berakhir menyakiti Shizuku ketika sedang cemburu atau berusaha melindunginya. Dia juga memelihara seekor ayam yang diberi nama Nagoya, yang dirawat dan dibuatkan kandang di sekolah. Dia berada di kelas yang berbeda dengan Shizuku di tahun kedua, tetapi tidak mengubah hubungan romantis mereka.
Dia juga ditakuti oleh gurunya, Saeko. Yang sering menjadi frustasi karena harus turut campur dengan aktifitas Haru.

Haru tampil sebagai sosok yang kasar dan menakutkan meskipun ia bermaksud baik. Seiring jalannya cerita, terungkap bahwa sikap agresifnya hanya diluar, sebenarnya ia cukup lugu, naif, dan polos. Haru juga canggung dalam pergaulan sosial karena kejadian traumatis yang terjadi selama SMP. Sejak saat itu, ia menjadi tidak mampu untuk berkomunikasi dengan benar kepada orang lain kecuali saat dia bersama Shizuku.
Meski tampil seperti orang yang sinis dan pesimis, ia sebenarnya justru sebaliknya. Selain menjadi pasif agresif dan kerap bertindak kasar, ia tidak dapat diprediksi dan kadang-kadang tidak berpikir sebelum ia berbicara. Dia jujur dan bermaksud baik dalam segala hal yang dia lakukan.
Haru sangat cerdas di sekolah. Dia sering menerima ranking pertama berkat perawatan dan kasih sayang bibinya; ia mengajarinya pelajaran SMA ketika ia menolak untuk menghadiri kelasnya saat SMP. Karena hal tersebut, Haru hanya berusaha sedikit dalam pelajaran ketika datang ke sekolah dan hal ini membuat kesal Shizuku yang selalu mendapat ranking kedua setelah Haru.
Meskipun melihat Shizuku sebagai sahabat pertamanya (dan cinta pertama), ketika berbicara tentang berhubungan dengan orang lain, dia masih kurang mengerti, tetapi gigh dan tidak mudah menyerah. Dia juga sangat protektif terhadap orang-orang yang dia sayangi.
Dia bisa cemburu (misalnya, jika dia melihat Kenji di dekat Shizuku), dia bisa menjadi kasar dan cukup posesif. 

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. Review ini membantu sekali T_T

    Aku baca komik Tonari no Kaibutsu-kun versi terjemahan gramedia dan jujur aku kurang paham jalan ceritanya. Pas aku baca ini baru pikiranku terbuka.

    Btw, kenapa Haru yang di istimewakan? Karena dia pinter? Terus kenapa Shizuku jadi cemburu sama Haru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir.. :D

      Kedua orang tua Haru bercerai ketika mereka masih kecil. Berdasarkan cerita Yuzan, ayah mereka memiliki ekspektasi yang tinggi kepada anak2nya untuk memiliki prestasi yang bagus di sekolah. Haru yg awalnya memiliki nilai bagus di sekolah, mendapat perhatian lebih dari ayahnya. Namun hal ini menimbulkan kecemburuan pada diri Yuuzan. Sikap Yuuzan yang berubah membuat Haru merasa sedih sehingga membuat nilai2nya di sekolah kemudian menurun, yang membuatnya diusir dari rumah oleh ayahnya.
      Mungkin bukan cemburu, melainkan iri. Shizuku gadis perfectionist dan belajar keras demi mendapat peringkat 1 di sekolahnya. Namun kehadiran Haru yang bisa memperoleh peringkat 1 tanpa usaha keras seperti dirinya, membuatnya merasa iri dan merasa usaha yang ia sia-sia

      Delete
  2. Jangan ada yg berani rebut haru yoshida dia husbuku

    ReplyDelete

- Copyright © Anime Profil - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -